Famichiki vs Nanachiki - SnackQueen
sittirasuna.com
Loading...

Wednesday, January 13, 2021

Famichiki vs Nanachiki

Masih berkaitan dengan acara variety Jobtune yang aku bahas di postingan Kare Mewah dari 7-Eleven dan 3 Makanan Konbini Jepang Paling Enak (Approved by Chef Michelin Star), kali ini aku mau mengulas mengenai dua produk hot snack dari FamilyMart dan 7-Eleven, Famichiki dan Nanachiki.

Di acara tersebut FamilyMart merekomendasikan produk no. 1 mereka adalah Famichiki. Sedangkan Nanachiki 'hanya' menempati peringkat ketiga produk paling direkomendasikan oleh 7-Eleven. Saat tiba di bagian Nanachiki, dari tujuh chef Michelin Star terdapat satu orang yang mengangkat papan 'tidak lulus'. Namun untuk Famichiki, semua chef setuju kalau Famichiki ini 'lulus'. Bisa disimpulkan secara kasar bahwa tujuh chef tersebut lebih prefer Famichiki daripada Nanachiki.

Seperti Teh Kotak vs Teh Botol, aku juga iseng-iseng membuat polling di Instagram dan bertanya apakah teman-teman lebih suka Famichiki atau Nanachiki. Meski yang menjawab tidak sebanyak polling Teh Kotak vs Teh Botol, tapi bisa diketahui kalau kebanyakan temanku yang berasal dari Jepang atau teman Indonesia yang pernah ke Jepang lebih menyukai Famichiki. Bertanya teman di sini pun juga rata-rata lebih suka Famichiki. Tapi ada juga teman-teman yang ngga ngeh beda rasanya gimana. Beda banget tau! 😑

Karena yang paling dekat dari rumah adalah 7-Eleven dan aku kerja di 7-Eleven, aku lebih sering makan nanachiki (baca: gratisan). Menurut aku, makan nasi hangat dan nanachiki pakai saus tomat itu rasanya enak banget. Melebihi enaknya KFC. Somehow, KFC Jepang rasanya tidak seenak KFC Indonesia. Kalau Famichiki, aku pernah coba beberapa kali tapi aku sudah ngga ingat rasanya. Karena acara tadi aku penasaran untuk tabekurabe (makan dan membandingkan) Famichiki dan Nanachiki. Aku membeli dan makan di waktu yang sama supaya tidak bias. 

Famichiki, produk paling legendaris FamilyMart, dijual dengan harga 180 yen. Famichiki memliki banyak jenis: regular, rumput laut, spicy mala, BBQ, dan lain-lain. Tapi kali ini aku membeli yang reguler. Sejak produk ini dirilis, katanya sudah terjual lebih dari 1 miliar buah Famichiki loh! Setelah membeli Famichiki, aku membeli Nanachiki yang dijual dengan harga 203 yen. Lebih mahal Nanachiki, ya.

Kalau menjelang natal, Nanachiki juga punya jenis dengan tulang. Kadang-kadang juga dijual Nanachiki rasa blackpepper dan rasa lain tapi tidak selalu. Paling sering hanya Nanachiki normal saja.


Bungkus hot snack didesain dapat disobek dibagian tengahnya supaya customer bisa makan tanpa tangan harus terkena gorengan.

Dari packaging-nya, Famichiki lebih terlihat ceria ya. 👀

Tampak luar Famichiki dan Nanachiki.

Dari tampilan luar pun tampak jelas berbeda. Famichiki terlihat lebih crunchy dan warnanya lebih light dibandingkan Nanachiki yang lebih terlihat oily dan warnanya lebih merah. 

Lalu, bagaimana rasanya ya?

Tampak dalam Nanachiki.

Tampak dalam Famichiki.

Setelah aku mencobanya, menurut aku memang NANACHIKI lebih enak! Famichiki dan Nanachiki sama-sama dibuat dari paha ayam, jadi teksturnya sangat juicy dan tender. Bagian luarnya pun sama-sama crunchy. Dari segi rasa, Famichiki memiliki rasa lebih simpel, yasashii, dan ringan. Kalau Nanachiki terasa lebih berbumbu. Apalagi katanya Nanachiki mengandung 11 bumbu rahasia. 

Nanachiki lebih mahal 23 yen tapi mengandung kalori lebih rendah daripada Famichiki. Famichiki mengandung 252 kalori sedangkan Nanachiki 197 kalori. Baik Nanachiki dan Famichiki diproduksi di Thailand. Jangan-jangan pada ngebandingin enak mana, tahunya yang produksi sama? 👀

Ada teman yang berpendapat kalau L-chiki dari Lawson lebih enak daripada Nanachiki dan Famichiki. Ah sudah lupa rasanya L-chiki bagaimana. Kalau lewat mungkin coba beli. Cuma keingat rasa Karaagekun karena baru beli seminggu yang lalu.

Share with your friends

4 comments

  1. Nooooo. Baru pernah coba famichikin sama karagekun. Yg nana blom nih. HAHAHA. Kayanya berempah trus lebih tebel ya. Andai bisa jastip makanan beginian XD

    ReplyDelete
  2. Iya lain kali mesti masukkin slot konbini food T_T

    ReplyDelete

Notification
Food is happiness.
Done