Aburasoba Favorit Nagita Slavina Versi Instan - SnackQueen
sittirasuna.com
Loading...

Sunday, May 30, 2021

Aburasoba Favorit Nagita Slavina Versi Instan

Beberapa hari lalu, aku posting foto cheesecake di Instagram story. Ngga lama, sepupuku me-reply story-ku dan memintaku mencoba aburasoba yang ada di vlog-nya Jerome Polin. Katanya, aburasoba di chain toko itu paling enak se-Jepang, dan Nagita Slavina suka banget sama aburasoba di sana.

Aku pun segera mencari vlog Jerome Polin yang dimaksudkan oleh sepupuku. Aku melihat nama toko aburasobanya adalah 東京油組総本店<油そば> (Tokyo Aburagumi Souhonten Aburasoba). Sayangnya, cabang toko aburasoba tersebut paling dekat letaknya di prefektur sebelah, Shiga, dan kalau mau ke sana harus naik kereta empat puluh menit.

Aku lihat-lihat di akun Instagram official Tokyo Aburasoba dan ada postingan kalau Nissin merilis versi instan Tokyo Aburasoba! Tapi ternyata postingannya sudah dua tahun lalu, jadi aku pikir mungkin sudah tidak dijual lagi. Apalagi di Jepang banyak produk yang 期間限定 (kikan gentei) alias limited edition alias dijual dalam waktu terbatas, jadi ya udah lah ya, cobain kalau pas ke Tokyo aja. Ngga tahu kapan ke Tokyonya tapi.

Apa sih aburasoba?

Aburasoba terdiri dari dua kata yaitu, abura yang berarti minyak atau lemak dan soba yang berarti buckwheat noodle. Di aburasoba tidak menggunakan buckwheat noodle atau soba Jepang, melainkan 中華そば chuuka soba (soba khas Cina) yang artinya sama dengan mi yang digunakan pada ramen. Aburasoba merupakan hidangan ramen tanpa kuah. Aburasoba juga memiliki nama lain seperti mazesoba, shirunashi ramen, tsukemen, dan tenuki soba.

Aku sendiri belum pernah makan aburasoba ala Jepang. Tapi ya, kalau dibandingkan ya aburasoba itu semacam mi ayam kali ya kalau di Indonesia. Di abang mi ayam ada kuahnya, tapi biasanya disajikan terpisah ngga sih? Selain itu, kalau di mi ayam, sebelum ditaruh mi, di dalam mangkok ditaruh dengan minyak ayam. Aku juga pernah makan aburasoba yang dibuat oleh teman Hong Kong. Aku ngga tahu sih itu aburasoba ala apa, tapi bahkan ngga pakai hewani sama sekali. Jadi dia bikin minyaknya, cuma minyak panas ditaruh bawang putih dan udah selesai~ abis itu dicampur sama mi yang udah direbus. Kalau tidak salah pakai cuka. Udah gitu doang, enak banget. 

Anyway, setelah aku menonton vlog Jerome Polin, aku mampir ke Family Mart. Eh, ada Tokyo Aburasoba versi instan! Aku kira sudah diskontinu... ngga pakai berpikir aku langsung beli.

Padahal aku ngga suka mi instan 😢 Indomie pun makan cuma kalau pengen. Tapi aku penasaran... gimana dong!

Aku pun akhirnya kemaren mencoba Tokyo Aburasoba versi instannya!



Di dalamnya ada empat kemasan: yang oranye merupakan tare atau saus utamanya yang dibuat dari kecap asin dan lemak babi. Di sampingnya ada, wijen dan potongan nori. Kemudian ada tare telur mentah dan potongan sayur kering.

Untuk menyiapkan mi instan ini diperlukan air panas sekitar 440 ml. Potongan sayur kering dimasukkan bersama air panas. Setelah lima menit, air bisa dibuang dari lubang saringan yang tersedia di mangkoknya. Kemudian campurkan semua tare.

Saat aku membau aroma mi instan Aburasoba ini, aku enek sih. 😂 Aku ngga suka bau minyak babi. Sudah gitu, tare utamanya so greasy, warna putih gitu, dan aku eneg lihatnya. Rasanya sih mix-mix dari tare utama dan wijennya. Rasanya memang rich banget sesuai yang ditulis dalam packaging dan rasa aburasoba ini rasa yang belum pernah aku coba sebelumnya sih.



Wijennya berasa banget sih. Kayak makan dressing sesame gitu. Tapi ini di mi, jadi lumayan aneh sih. Trus karena mi instan, jadi minya juga kurang enak. Kenyal yang ala mi instan. Ngga suka lah 😫.

Aku cuma makan ngga sampai separuh trus aku buang. 😂

Mungkin versi asli di tokonya enak kali ya sampai Nagita Slavina suka banget.

Aku lihat-lihat resep aburasoba di internet, banyak juga yang ngga pakai lemak babi. Kayaknya memang tergantung ya. Ada juga yang buat pakai kaldu ayam. 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Food is happiness.
Done