Misérable, Kue Tradisional dari Belgia - SnackQueen
sittirasuna.com
Loading...

Tuesday, March 9, 2021

Misérable, Kue Tradisional dari Belgia

Ya Tuhan, kue ini tuh kue yang paling susah di-Google deh. Padahal aku penasaran sama sejarahnya.

👄👄👄

Jadi, salah satu hobiku adalah berkeliling lantai basement department store Takashimaya. Satu lantai itu isinya makanan semua. Ada supermarket, toko yang menjual peralatan baking, toko lauk, bakery, toko kue, cokelat, pokoknya makanan semua. Ya hobinya berkeliling doang, ngga beli.

Itu ya, semua counternya MENARIK SEMUA. Terutama bagian kue dan dessertnya. Aku sih kurang tertarik yang bagian kue tradisional Jepang. 😄 Aku lebih tertarik sama counter-counter bagian cokelat, cake, dan yougashi 洋菓子 (western confectionery). Soalnya warna dan desainnya menarik aja.

Hari Minggu (7/3), aku mampir ke sana cuma buat lihat-lihat saja. Ada beberapa kue dan snack yang aku tertarik cuma ngga beli. Mosok kerjaan kok ngemil mulu. 😂 Lihat saja pun sudah senang. Tapi tadi sore (9/3), aku pergi lagi ke sana dan beli kue yang aku taksir dari hari Minggu lalu. Oh iya, Takashimaya tuh jaraknya ngga jauh dari rumah, cuma tiga bus stop aja, makanya sering ke sana. *ngga ada yang nanya*

Salah satu kue yang aku pengen itu merupakan kue produksi Wittamer. Aku sendiri baru tahu merek Wittamer beberapa waktu belakangan ini. Ternyata, Wittamer merupakan chocolatier dari Brussels, Belgia. Awal mulanya Wittamer merupakan bakery yang didirikan oleh Henri Wittamer pada tahun 1910. Akan tetapi, penerus selanjutnya a.k.a anaknya ikut training sebagai chocolatier di Swiss, dan kemudian Wittamer juga menjual cokelat dan dessert lainnya. 

Kini, Wittamer dikelola oleh generasi keempat dari Henri Wittamer. Di Jepang sendiri, cabang pertama dibuka di Osaka pada tahun 1980-an.

Wittamer menjual assorted chocolate semacam Morozoff yang aku beli hari Valentine lalu. Cokelat Wittamer juga sangat menarik. Temanku orang Jepang pun pernah bilang kalau merek ini tuh terkenal. Cuma beli cokelat kecil satu biji 400 yen atau sekitar 50 ribu rupiah kok males ya. Males = ngga punya uang.

Wittamer juga menjual cake kecil yang harganya kisaran 600 yen atau 80 ribu rupiah. Yang aku kepengen beli sih kue berbentuk kue lapis bernama Misérable.

Dalam Bahasa Inggris, miserable artinya menyedihkan, tragis, tidak bahagia, dan tidak karuan. Makanya pas aku baca judulnya, sambil mikir. Dalam Bahasa Prancis harusnya artinya sama kan ya? Atau miserable ada hubungannya dengan kata sable ya? Kalau makan ini ngga jadi sedih kan ya?

Ada tiga rasa Misérable yang tersedia, vanila, framboise, dan rum raisin. Harganya 260 yen (34 ribu rupiah). Kali ini aku beli dua, yang vanila dan framboise. Aku juga beli choux truffe, soalnya murah cuma 140 yen. Padahal di postingan lalu, abis bilang ngga bakal beli sus lagi. 😄

Berasa jajan fancy deh.



Lebih dekat dengan choux truffe.


Misérable ternyata merupakan cake yang terdiri dari almond sponge cake yang dalam Bahasa Prancis Belgia disebut dengan biscuit joconde yang men-sandwich? custard atau yang disebut dengan pâte à bombe. Mirip dengan meringue, bedanya pâte à bombe dibuat dari kuning telur.

Misérable dari Wittamer ini enak! Yang vanila, kelihatan titik-titik hitam dari vanila beneran, enak rasa custardnya. Kalau yang framboise, memang deh rasa framboise ngga pernah fail. Kaya Tirol rasa framboise pun yang ngga fail. 

Kalau choux truffe-nya ya, seperti sus yang dicoat dengan chocolate dan gula halus. Isiannya adalah chocolate cream. Lumayan juga.

Trus aku googling dong, kok namanya Misérable?

Ngga banyak menemukan dong. 😢 Di Wikipedia English ngga ada sejarahnya, cari di Wikipedia Prancis bahkan ngga ada halaman tentang kue Misérable ini. Memang kue yang sangat menyedihkan.

Ada artikel [1] yang menyebutkan kalau namanya Misérable karena bikin custardnya bukannya pakai susu tapi pakainya air. Ada lagi [2] yang bilang kalau kue ini biasa dibuat dan diberikan kepada orang-orang desa sehingga menggunakan bahan-bahan yang murah.

Katanya pun, ada beberapa klaim soal pencipta Misérable. Misérable dibuat oleh seorang pattisier bernama Groffy pada tahun 1890-an. Tokonya pun masih ada hingga sekarang dan dikelola oleh generasi kelima. Mulanya tokonya berada di Liege, namun sekarang pindah ke Sprimont. Klaim yang lain adalah bahwa pencipta Misérable adalah Pierre Gaelens yang berasal dari Knokke.

Kebanyakan yang aku temukan di internet sih lebih mengarah ke Groffy. Kue ini dinamakan Misérable konon karena menghormati Victor Hugo, sang penulis Les Misérables.

Sumber:
1. https://www.cheersonic.com/miserable-world-cake/
2.https://www.patisseriemakesperfect.co.uk/les-miserables-a-giveaway/
3. https://www.one.be/fileadmin/user_upload/siteone/PARENTS/ADF_SM/SOIRMG-marcher-pas-a-pas.pdf

Share with your friends

2 comments

Notification
Food is happiness.
Done