Zuppa di pimientos del piquillo con penne e sgombro - SnackQueen
sittirasuna.com
Loading...

Thursday, January 7, 2021

Zuppa di pimientos del piquillo con penne e sgombro

Judul macam apa ini? Intinya ini judul makanan yang aku bikin pagi ini dengan campuran Bahasa Italia dan Spanyol. Ngarang aja pokoknya.

Saat aku menulis ini belum ada pukul 11 pagi tapi aku sudah pergi ke dua kuil Buddha yang tidak terlalu jauh di rumah. Masih pengen jalan-jalan tapi tiba-tiba mendung, salju rintik-rintik turun, dan mendadak dinginnya minta ampun. Baru keluar rumah pukul setengah sembilan, pukul setengah sepuluh sudah pengen balik ke rumah.

Dingin-dingin begini membuatku pengen makan yang hangat-hangat. Masak sup aja kali ya. Oh ya, kenapa ngga masak pasta dalam sup aja!

Akhir-akhir ini, 7-Eleven menjual produk pasta dalam sup. Suka kepengen tapi kalau lihat, alah bisa bikin sendiri. Gampang. 😂 Akhirnya, hari ini aku berniat membuat pasta dalam sup. Tapi aku ngga punya susu, ngga punya krim, ngga punya tomat, sambil jalan kaki menuju rumah aku berpikir mau bikin sup apa yang bisa dibuat dengan bahan yang dipunya.

Aku teringat aku punya satu kaleng bahan makanan yang aku dapatkan dari seseorang yang meninggalkan Kyoto. Tapi itu kaleng apa ya, kayaknya bukan tomat. Setelah sampai rumah, aku cek ternyata tulisannya Pimientos del Piquillo, yang artinya adalah piquillo pepper. Piquillo pepper ini saudaranya cabai dan paprika, bentuknya seperti paprika tapi lebih kecil. Rasanya pun manis, tidak ada pedasnya sama sekali.

Selain itu, aku masih punya sekaleng mackerel juga, jadilah aku memutuskan untuk membuat penne dengan base sup piquillo pepper dan mackerel.

Piquillo pepper dalam kaleng ini bentuknya utuh, sehingga aku menghancurkannya sedikit dengan blender tapi tidak sampai semuanya halus. Supaya tetap ada tekstur piquillo pepper yang bisa digigit. Aku yang suka pasta dengan base tomat, agak merasa aneh saja makan pasta dengan base paprika/piquillo pepper. Tapi rasanya not bad, meski ada sedikit rasa agak mirip rasa asap dari piquillo pepper yang aku kurang suka. 

Jadi,

zuppa = sup
pimientos del piquillo = piquillo pepper
con = dengan
penne e sgombro = penne dan mackerel

Sok-sokan aja pakai kata bahasa asing. Padahal mah apa. 😂

Sup penne mackerel dan piquillo pepper.

Sup piquillo peppernya aku bumbuin oregano, thyme, parsley, pokoknya ngarang aja semua masukin. 😂 Selain itu, aku tambahkan satu sachet tomato paste dan sedikit kaldu jamur. Dengan spice yang aku masukkan, rasa yang menurutku aneh dari piquillo pepper kalengnya jadi tersamar. 

Di bawah ini foto piquillo pepper yang aku ambil dari gastroactitud.com.

Piquillo pepper.

Kalau di Indonesia nyebutnya apa ya, paprika aja atau ada kata lainnya ya?

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Food is happiness.
Done