See’s Candies Toffee-ettes, My All-Time Favorite Chocolate - SnackQueen
sittirasuna.com
Loading...

Thursday, November 12, 2020

See’s Candies Toffee-ettes, My All-Time Favorite Chocolate

Kalau ditanya apa merek cokelat favoritku, mungkin aku akan menjawab See’s Candies. Tidak ada yang tanya sih. Meskipun cokelat dari See’s Candies adalah kesukaanku, mungkin tidak lebih dari sepuluh kali aku makan cokelat ini. Satu kali berarti satu boks cokelat penuh sih.

See’s Candies merupakan merek cokelat yang berasal dari Amerika. Merek ini diciptakan oleh seorang Kanada, Charles See, dan istrinya Florence, di California pada tahun 1921. See’s Candies memproduksi berbagai macam jenis candy, seperti lollipop, chocolate bars, white chocolate, dan lain-lain. Tapi, selama ini yang aku coba hanya Assorted Chocolate Box-nya See’s Candies.

Awal mula perkenalanku dengan See’s Candies adalah saat aku masih kecil suatu waktu mamaku pulang dari business trip dari Amerika dan membawakanku sekotak cokelat See’s Candies. Mamaku hampir selalu membeli See’s Candies kalau pergi ke Amerika. Tapi kan ke Amerikanya jarang-jarang dan sayangnya See’s Candies tidak dijual di Indonesia, makanya kalau makan cokelat ini pun bisa dua atau tiga tahun sekali atau malah lebih.
Assorted Chocolates

Pernah suatu saat aku sedang liburan ke Makau dengan temanku. Aku melihat ada toko See’s Candies dong di shopping mall-nya Venetian. Aku girang sekali dan aku cuma masuk dan melihat harganya, tentunya, nggak beli. Kalau ukuran Amerika sebenarnya harganya relatif tidak terlalu mahal. Satu kotak Assorted Chocolates-nya See’s Candies harganya 23,5 dolar AS atau sekitar 325 ribu rupiah. Ya mahal tapi not bad untuk sekotak cokelat setengah kilo. Tapi karena ini di Makau, jatuhnya impor, jadi mahal banget, deh. Aku yang saat itu sedang liburan berbudget rendah cuma menginap di penginapan backpacker 100 ribu semalam di Macau kok rasanya nggak mampu beli cokelat See’s Candies.

Terakhir kali aku makan cokelat ini sepertinya dua tahun lalu, ketika aku masih di Australia dan mamaku membelikanku satu kotak Assorted Chocolates-nya See’s Candies dan satu toples See’s Candies Toffee-ettes. Saat itu aku akan pulang ke Indonesia jadi mamaku menyembunyikan cokelatku di dalam lemari bajuku. Mamaku ini suka sebel kalau kita bawa makanan ke kamar tapi karena dia tahu aku suka cokelat itu, sampai-sampai melanggar aturannya sendiri dan memasukkan cokelat ke lemariku. Soalnya dia tahu, kalau cokelat itu ditaruh di meja makan, bakal langsung ludes 😂

Meskipun aku sudah berkali-kali mencoba Assorted Chocolates Box-nya See's Candies, tapi baru kali itu mamaku membawakan Toffee-ettes.

Kalau kata Forrest Gump, "My mom always said life was like a box of chocolates. You never know what you're gonna get," maka ini berlaku buat Assorted Chocolates Box-nya See's Candies. Menurut situs web See's Candies, jenis cokelat yang ada di dalamnya adalah: Butterscotch Square, Caramel, Cocoanut, Dark Almond, Dark Butterchew, Dark Chocolate Butter, Dark Nougat, Dark Patties, Maple Walnut, Marzipan, Mayfair, Milk Almond, Milk Beverly, Milk Bordeaux™, Milk California Brittle, Milk Molasses Chips, Mini Peanut Square, Mocha, Normandie, Rum Nougat, Scotchmallow®, Vanilla Nut Cream, Walnut Square. 

Banyak banget kan? Jadi kamu bener-bener nggak tahu mana yang bakal kamu dapat. Nah, sedangkan Toffee-ettes ini cuma satu jenis dalam satu toples tapi mirip sekali sama isian cokelat di Assorted Chocolates Box yang paling aku suka.

Toffee-ettes ini bentuknya nugget yang di dalamnya ada toffee dengan butter dan almond, di luarnya dilumuri dengan cokelat dan almond.

Nah, tiba-tiba aku kangen makan See's Candies tapi di Jepang tidak ada tokonya 😔 Aku pun iseng-iseng buka Amazon, ada dong yang jual langsung dari Amerika dan gratis ongkos kirim (tapi harganya dua kali lipat dari harga aslinya di Amerika sih). Aku memutuskan membeli Toffee-ettes! Harga jual aslinya di Amerika sih 23,5 dolar AS yaitu sekitar 325 ribu rupiah tapi di Amazon.co.jp dijual dengan harga 4300 yen Jepang, atau sekitar 580 ribu rupiah.

Mahal! Tapi sekali-sekali nggak apa-apa lah. 😓 Aku tuh beli baju 100 ribu mikirnya lama, kalau beli snack mahal nggak pake mikir 😌

My love 💙

Tinggal dua biji, lupa aku foto.

Bentuk detil See's Candies Toffee-ettes

Dua hari lalu, See's Candies pesananku tiba dan hari ini tinggal dua biji saja. Padahal satu toples ada 30 biji. 

Rasanya bahagia sekali makan cokelat favorit yang terakhir kali kumakan dua tahun lalu. Akhir-akhir ini tuh aku suka karamel dan Toffee-ettes ini kan karamel banget. Nah, toffee itu merupakan 'permen' yang dibuat dari gula yang dikaramelisasi yang biasanya dicampur butter dan juga kacang. Kalau Toffee-ettes ini dicampur dengan almond. Jadi kalau digigit itu agak keras tapi rasa karamelnya enak banget dan ditambah renyahnya dari almond.

Toffee-ettes ini memiliki sertifikat Kosher dari Kosher Supervision of America. Kosher ini semacam halal tapi versi Yahudi yang tentunya juga mengharamkan unsur babi dalam makanannya. Meskipun hukum Kosher membolehkan penggunaan alkohol pada makanan tapi melihat komposisi See's Candies Toffee-ettes sih tidak ada, jadi insyallah aman dikonsumsi untuk muslim.

Meskipun enak banget, kayaknya aku nggak beli lagi sih (kecuali ada kesempatan ke Amerika). Sama kecuali ada yang beliin 😂 Kalau kangen, mungkin aku akan beli Hawaiian Host Toffee Macs yang sama-sama toffee dan harganya masih ramah untuk kantongku alias sekitar 20 ribuan.

Pernah coba See's Candies?

See's Candies Toffee-ettes
Komposisi: almond, gula, butter, susu, mentega kakao, cokelat, garam, soy lecithin, vanillin.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Food is happiness.
Done