Halal in Kyoto: Salman & Sohel Halal Kitchen - SnackQueen
sittirasuna.com
Loading...

Friday, July 2, 2021

Halal in Kyoto: Salman & Sohel Halal Kitchen

Bulan lalu, seorang teman mengajak makan di salah satu restoran halal tak jauh dari Imperial Palace di Kyoto. Aku tahu restoran itu karena letaknya dekat dengan Kyoto Islamic Culture Center, tempatku membeli Teh Botol, tapi tidak pernah tertarik untuk makan di sana. Pertama, karena restoran itu menjual masakan India. Kedua, bukannya aku ngga suka masakan India, aku suka, cuma restoran India kan banyak di Kyoto (dan di dunia), jadi bisa makan di mana saja.

Restoran tersebut bernama Salman & Sohel Halal Kitchen. Tak hanya masakan India, Salman & Sohel juga menawarkan menu masakan Arab, Turki, Persia, dan Chinese food ala India (nah loh). Ternyata, nama restoran ini berasal dari nama aktor Salman Khan dan adiknya Suhail Khan. Jadilah Salman dan Sohel. Dari sang owner, aku jadi tahu kalau Salman Khan punya adik namanya Sohel/Suhail. 

Sejak tahun 2018, Salman & Sohel dimiliki oleh owner yang sekarang. Sebelumnya, restoran ini dimiliki oleh salah satu chain? restoran India yang dengar-dengar salah satu yang paling enak di Kyoto. Setelah dibeli oleh owner yang sekarang, namanya pun tetap sama. Owner Salman & Sohel merupakan chef dengan pengalaman internasional. Ia pernah menjadi chef di Singapura, Inggris, dan Uni Emirat Arab hingga akhirnya memutuskan untuk membuka usaha sendiri di Kyoto, Jepang.

Kunjungan pertamaku ke Salman & Sohel, aku mencoba salah satu menu masakan Arab: lamb kabsa, dan garlic naan. Temanku memesan lamb kabsa sehari sebelum kedatangan kami karena rupanya menu ini tidak tersedia kalau tidak order minimal beberapa jam sebelumnya.

Setelah aku ingat-ingat aku hampir tidak pernah makan masakan Arab. Kapan ya terakhir... makan nasi kebuli di Jakarta pun rasanya ngga pernah. Kayaknya terakhir makan masakan Arab sekitar 10 tahun lalu. 😂 Pernah ke Saudi waktu aku kuliah dan pernah jajan mandi di restoran Arab di dekat Manggarai 12 tahun lalu sama teman-teman SMA. Itu doang yang aku ingat. 😂

Oh ya, selain menu utama lamb kabsa, kami juga disuguhi makanan pembuka sup berbasis tomat dan mango lassi dan infused water mencurigakan berwarna pink transparan. 😂

Sup tomat ala Indianya enak banget. Segar dan ada hint spice-nya, tapi ngga terlalu strong. Di dalam supnya ada crouton kecil-kecil juga.

Sup tomat India.

Mango lassi-nya enak banget juga. Berbeda dari mango lassi lain yang biasanya agak kental, karena yogurt kan ya, mango lassi-nya Salman & Sohel ini cair. Rasa mangganya juga enak banget. Lidahku yang bodoh ini cannot tell mangganya fresh (at least dari mangga frozen) atau enggak (kayanya jus sih), yang jelas enak. Sayangnya mango lassi di kunjungan kedua ngga enak. 😓

Lamb kabsanya? JUARA! Aku mau nangis saat makan saking lamb kabsa itu makanan terenak yang aku makan setelah beberapa hari belakangan.

Lamb kabsa.

Nasi kabsanya penuh dengan rempah, jinten, kapulaga, adas, segala macam ada, dan di atasnya ada kismis dan metenya. Ya Allah enak banget. 😂 Masakan India juga penuh dengan rempah tapi somehow kabsa yang masakan Arab ini tuh rasanya berbeda. 

Lamb-nya juga lembut banget dan enak banget bagian gosong-gosongnya karena bumbunya berasa banget. Aku jarang banget makan lamb dan ngga suka bau kambing/domba. Jujur aja lamb ini ada sebersit bau domba, cuma dimaafkan karena enak. 😂

Lamb kabsa dihidangkan dengan saus pedas. Tapi ngga aku makan karena cukup pedas dan ngga pakai saus pun udah enak banget. 

Harga lamb kabsa termasuk dengan sup dan mango lassi adalah 2500 yen. Kalau dirupiahkan sekitar 350 ribu. Lumayan mahal ya, tapi masaknya pun lama dan makan lamb kabsa di mana lagi? 

Garlic naan-nya juga parah mau nangis makannya. Enak banget. Ada garlic dicacah kecil-kecil yang setelah dipanggang jadi agak keras, jadi pas gigit crispy kena ke garlic-nya. Yum...

Aku ngga foto mango lassi dan naan-nya! Lupa... saking terpesona ama lamb kabsanya.

Interior Salman & Sohel Halal Kitchen.

Aku gendut.

Temanku dari awal sudah bilang kalau masakan di sana enak banget. Tapi aku tidak ada ekspektasi apa-apa karena maybe it's just another Indian restaurant kan~ ternyataaa... mungkin emang harus ngga ada ekspektasi apa-apa kali ya biar ngga kecewa. Kunjungan berikutnya aku makan mutton dum biryani (yang mana masakan India) tapi juga enak banget 😓

Salman & Sohel Halal Kitchen
88-3 Miyagakicho, Kamigyoku, Kyoto 602-0853
dekat Kyoto Islamic Culture Center
Telepon: 090-3057-0786

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Food is happiness.
Done