Finally, I Cooked My Own Chicken Nanban! - SnackQueen
sittirasuna.com
Loading...

Sunday, April 4, 2021

Finally, I Cooked My Own Chicken Nanban!

Tartar sauce-nya beli sih, pakai merek Kewpie.

Ngga tahu berapa kali aku menyebut nama Chicken Nanban di dalam blog ini. Chicken Nanban adalah masakan khas Miyazaki, Jepang, berupa ayam goreng yang dilumuri dengan saus nanban dan saus tartar. Beberapa waktu lalu, bento Chicken Nanban 7-Eleven adalah bento konbini favoritku. Sekarang sih aku sudah cukup bosan dengan Chicken Nanban. Cuma kemarin aku melihat tartar sauce botolan merek Kewpie di supermarket, jadi aku beli deh!

Akhir-akhir ini aku suka bikin ayam goreng dengan saus cuka asam manis. Niatnya meniru Chicken Nanban tanpa tartar sauce atau Tori Kurozu-nya Ootoya. Hanya saja karena tidak punya black vinegar, jadinya aku pakai cuka apel yang ada di rumah saja. Tapi baru kemarin ini aku membuat ayam asam manis dengan tartar sauce. Jadi deh, Chicken Nanban!

Chicken Nanban ala ala.
Bumbu marinade ayam goreng:
Ayam, 250 gr.
Jahe
Kecap asin
Bawang putih

Bumbu saus nanban
Gula, 2 sdt.
Kecap asin, 2 sdm.
Cuka, 2 sdm.
Air, sedikit.
Maizena, 1/2 sdt

Bahan lain
Tartar sauce
Tepung tapioka

Cara:
1. Marinasi ayam dengan jahe, kecap asin, dan bawang putih. Diamkan minimal 1 jam supaya bumbu teresap.
2. Lumuri ayam dengan tapioka, goreng ayam, tiriskan.
3. Campurkan semua bahan bumbu saus nanban.
4. Di atas pan, masukkan ayam yang sudah digoreng dan tuangkan bumbu saus nanban yang sudah diaduk. Apabila saus sudah mengental, matikan api.
5. Hidangkan dengan tartar sauce sesuai selera.

❤❤❤

Per hari kemarin aku memulai lagi One Meal A Day, karena sudah merasa kegendutan dan badan mulai ngga enak. 😂 Hari ini kayaknya bakal makan ayam yang kumarinasi kemarin karena baru kugoreng separuhnya. Niatnya mau kusaute bareng paprika, wortel, jadi kayak Tori Kurozu Ootoya gitu. Ya ngga tahu, rencana bisa berubah, liat nanti.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Food is happiness.
Done