Ayam Goreng Saus Lemon (Lemon Chicken) - SnackQueen
sittirasuna.com
Loading...

Friday, November 6, 2020

Ayam Goreng Saus Lemon (Lemon Chicken)

Sekitar awal bulan Maret tahun 2018, aku pindah rumah saat aku tinggal di Deloraine, Tasmania. Di rumah baru itu, aku tinggal satu rumah dengan sekitar 16 orang lainnya, termasuk keluarga pemilik rumah sekitar tujuh orang dan sembilan backpacker lain. Aku berbagi kamar dengan tiga orang backpacker yang sudah kukenal meski tidak terlalu dekat, satu lelaki berasal dari Korea dan dua perempuan berasal dari Hong Kong.

Salah satu dari teman sekamar yang berasal dari Hong Kong mendadak jadi salah satu teman terdekatku (hingga kini). Kadang-kadang ia memasak untuk teman-teman, meski ia mengaku ia tidak pernah masak saat tinggal di negaranya. Salah satu hidangan yang paling ia sering sajikan adalah lemon chicken atau yang biasa ia sebut dalam Bahasa Mandarin dengan 檸檬雞 (nimengchi). 

Setelah kami semua pindah dari Tasmania dan temanku pindah ke Caboolture, Queensland, aku sempat singgah ke rumahnya, dan ia lagi-lagi menyuguhkanku lemon chicken andalannya. Setelah beberapa waktu kami sempat tinggal bersama di satu rumah lagi di Gatton, Queensland, dan tentu saja beberapa kali ia memasak lemon chicken untuk housemate-nya.

Ketika pertama aku mencoba lemon chicken buatan temanku ini, mengingatkanku akan menu Orange Chicken dari Ricebowl yang beberapa kali aku beli di Indonesia. Pertama kali aku makan Orange Chicken, aku langsung suka. Ayam goreng dengan saus yang manis dengan rasa asam tipis dari lemon (ya, Orange Chicken Ricebowl pakai lemon juga), membuatku berkunjung kembali beberapa kali ke Rice Bowl. Sayangnya rasanya tidak standar, bahkan kadang aku tidak bisa menemukan rasa jeruk dan lemonnya itu sehingga aku berhenti membeli. Sampai akhirnya aku ditemukan dengan lemon chicken teman Hongkong-ku ini.

Kini, aku tidak tinggal dengan temanku lagi dan sesekali aku rindu dengan lemon chicken-nya. Aku yang jarang memegang kompor mau tak mau mencoba mereplika apa yang temanku buat. Karena aku tinggal sendiri, biasanya aku hanya memasak dengan 100-150 gram ayam. Selain itu, berbeda dengan temanku, aku tidak menggunakan telur untuk ayam gorengku. Di bawah ini foto lemon chicken hasil karyaku dan cara membuatnya.

Ayam goreng saus lemon

Ayam Goreng Saus Lemon (Lemon Chicken)

Bahan:
- Ayam 150 gr
- Tepung tapioka 4 sdm
- Garam
- Merica

Bahan saus lemon:
- Kulit lemon, parut
- Air perasan lemon, 1/2 bh
- Potongan lemon untuk garnish
- Cuka, 1 sdm
- Gula, sesuai selera
- Bawang putih (opsional)
- Tepung maizena, larutkan dalam air
- Minyak sedikit untuk menumis

Cara:
1. Potong-potong ayam, marinasi ayam dengan garam, merica, dan campur dengan tepung tapioka.
2. Goreng ayam, sisihkan di piring.
3. Di frying pan terpisah, tumis bawang putih, parutan kulit lemon, air lemon, cuka, gula, larutan maizena, aduk hingga sedikit mengental.
4. Tuang saus di atas ayam yang telah di goreng, tambah potongan lemon untuk garnish.

Share with your friends

6 comments

  1. Boleh nih. Cuma perlu beli lemon. Yg laen udah ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa ga pernah makan lemon chicken? Hehehe.

      Delete
    2. Udah lama banget ga beli lemon. Biasa jg kalo beli buat minum sama madu + ACV doang. Jarang dimasak soalnya lebih suka masak makanan yg 1 pot selesai. Kalo ini mesti pake 2 pan *malas nyuci2*

      Delete
    3. *googling ACV*
      Minum cuka apel biar apa sih?

      Delete
  2. Buat kesehatan sih. Tp ngarepnya biar bisa nurunin berat badan HAHAHAHHAHA

    https://www.healthline.com/nutrition/6-proven-health-benefits-of-apple-cider-vinegar#Dosage-and-how-to-use-it

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru inget, tahun lalu aku sempet minum cuka apel kucampur air hangat, sebulan doang, trus udah ngga rajin, hahaha.

      *baca dulu*

      Delete

Notification
Food is happiness.
Done